Galau NIlai Rapot

by 04.12 0 komentar
Males ah gue pake bahasa Inggris..
Sekali - sekali bolehlah pake Bahasa Indonesia. Hmmmm....

Oke, Hari ini adlah hari yang cerah dan terimakasih gue panjatkan atas hari yang cerah ini. Namun siapa sangka bagi sebagian murid sekolah gue hari ini justru jadi neraka bagi mereka.

KENAPA?


Soalnya hari ini...
Gue nerima ginian...
*sorry, itu bukan rapot gue... gue nemu di google*








Dan masalah yang sebenarnya adalah yang ngambil itu musti BONYOK!!!!

Nah inilah yang membuat hati anak - anak pada cenat cenut liatin hape... Iya hari ini emang sekolah.. Sekolah seperti biasa, jadi tempat pengambilan rapot dan tempat murid dag dig dug berbeda..

Ada murid yang langung nemenin nyokapnya ngambil rapot dan langsung kena semprot kuah gitu aja di depan umum. Ada juga yang malu kena semprot nyokap akhirnya sembunyi di dalem WC. Dan gue bukan salah satu dari tipe yang gue bilang barusan. Gue gak takut nilai rapot gue kacau. Gue juga gak bangga banget kalo nilai rapot gue sempurna. 

Balik lagi nih ke cerita.


Ini bukan cerita soal gue. Tapi ini cerita dari guru yang gue bener - bener hormati dan dari temen gue.
Seperti yang gue bilang.


BAGI BEBERAPA ORANG, HARI YANG CERAH BUKAN BERARTI HARI YANG INDAH!!

Nah, itu yang terjadi pada beberapa temen gue. Yang gue heran, kenapa di saat mendung mereka bisa menari - nari ala gangnam style, tapi di hari yang cerah mereka justru terdiam seribu kata dan termenung tanpa gerak. Pikiran mereka seakan - akan kosong. Kalo biasanya pikiran mereka isi game, manga dan bokep miyabi.. Kali ini pikiran mereka bener - bener kosong..

Melihat penampakan ini gue jadi merasa sangat bersalah. Gue merasa seperti menari diatas penderitaan orang lain, dan gue benci itu! Bagi gue, terserah bokap gue mau bilang nilai gue bagus atau jelek. Tapi cuma satu hal yang harus dia tau. ITU HASIL GUE!!!!

Gue ga peduli mau dia bangga atau menyesal punya anak seperti gue karena bagi gue bukan nilai yang terpenting tapi impian dan cita - cita gue, dan semua itu ga bisa dicapai cuma dengan nilai!


APA ALBERT ENSTEIN PAKE NILAI RAPOT BUAT BIKIN BOM ATOM?
APA THOMAS EDISSON PAKE NILAI RAPOT BUAT BIKIN LAMPU?
APA WRIGHT BERSAUDARA PAKE NILAI RAPOT BUAT NEMUIN PESAWAT?

ENGGAK KAN???!!!!

Nah, balik lagi ke cerita.. Karena lingkungan gue galau, gue pun terhipnotis buat galau. Akhirnya gue pun jalan - jalan buat nyari suasana segar. Tapi justru lebih parah. Gue ngerasa seperti jadi tentara Nazi yang jalan - jalan bawa senapan di tengah kota Polandia. begitu banyak orang yang kelaparan bahkan mayat tak terurus di seitar gue. Kira - kira seperti itulah. Guepun akhirnya duduk di sebelah temen gue yang galau...

"Oi, rapot lo udah diambil belom?" sapa gue
"Kayanya sekarang deh rapot gue diambil nyokap.."
"Udah nyante aja" lanjut gue
"masalahnya yang ngambil nyokap gue, kalo kacau bisa - bisa ga dikasi keluar gue!"


Gila nih nyokapnya, ckckckck


"Udah, lo tenang aja.. Pasti bagus kok!"
"Amin..."


Tiba - tiba 5 menit kemudian nyokapnya BBM...

"udah bagus kok rapotnya, cuma bahasa indonesia aja yang kurang

"Toh kan, apa gue bilang?" saut gue!

Gue pun meninggalkan dia...
Dalam benak gue jadi inget apa yang dibilang ama guru gue. Murid - murid di Indonesia cuma belajar untuk nilai! Mungkin itu kali ya yang bikin pendidikan kita jeblok?


"Coba kalian search di internet! Sistem pendidikan terbaik pasti di Finlandia... Tapi apa mereka pernah menang olimpiade fisika internasional? Enggak kan?" lanjut dia.

OK, bagi gue sistem pembelajaran di Indonesia sebenernya paling keren di banding sistem pembelajaran di negara lain. Mungkin keliatannya sistem pendidikan orang Indonesia terbilang kacau di mata beberapa orang, tapi berbeda di mata gue.

Kita dari kecil udah terbiasa diajarkan buat mengejar satu hal. Ya, nilai yang gede. Itu yang buat orang - orang Indonesia nantinya akan mudah terfokus ama mimpi - mimpinya. Ada satu hal lagi yang pengen gue tegaskan dari sistem pembelajaran di Indonesia. Mungkin saat kita masih kecil kita masih bisa buat betah buat nongolin buku depan mata ampe mata juling. Tapi saat kita menginjak bangku SMP atau SMA, gue yakin kalian pasti udah gak kuat pake cara yang seperti itu lagi.


NAH, INI DIA LEBIHNYA!

Finally, kita sebagai anak Indonesia dituntut untuk berstrategi dalam bersekolah. Bagi gue, ini dia yang gak pernah menjadi sorotan orang - orang dan selalu menjadi hal negatif bagi setiap orang. Entah itu dengan nyontek, atau taktik jitu yang lebih ampuh, yang pasti itu membuat kita untuk siap menghadapi kehidupan yang sebenernya di masa depan nanti. 

Mungkin boleh aja nilai rapot gue sekarang bikin bonyok gue gak puas ampe ngamuk - ngamuk kaya kingkong ngancurin kota dirumah. Tapi ada satu hal yang pengen gue kasi tau ke mereka.

GUE AKAN SUKSES DENGAN JALAN GUE SENDIRI!! 





sheyeng

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar: