DOSEN

by 22.27 0 komentar
Barangkali diantara kalian yang baca ada beberapa orang yang catetan bolos nya bersih... Sama kaya gue dulu. Gue engga tau apakah yang kemarin gue lakuin itu termasuk tindakan bolos atau engga. Tapi begini nih ceritanya....


Boleh dibilang, hari kamis adalah hari yang paling membosankan selama seester 2 ini. Bukan karena matakuliah yang membosankan tapi karena dosennya yang bisa dibilang sangat membosankan... Ada 2 matakuliah pada hari kamis sebut saja mata kuliah tersebut adalah mata kuliah baheula tahun 60an dan yang satu lagi adalah matakuliah super membosankan selanjutnya.

Gue juga bingung kenapa kedua mata kuliah tersebut menjadi complicated. Yang satu dosennya super duper galak dan tega, dan yang satu lagi tidak peduli dengan mahasiswa yang ada di dalam kelas. Si dosen yang pertama ini adalah salah satu dosen yang tertua di kampus gue. Jadi wajar caranya memberi nilai masih sama seperti angkatan 60an.


Tapi menurut gue wajar sih dia bertindak seperti itu. Karena masa lalu beliau benar - benar kelam. Beliau bukan orang dari kalangan berduit di jamannya. Jujur, gue engga tau apa sebenernya yang dimaksud kalangan tidak berduit pada taun 60 an. Katanya untuk beli pakaian saja tidak mampu. Sebenarnya gue agak ragu apaa sebenernya yang terjadi di tahun 60an tersebut. Eh, tapi gue kok jadi ngomongin dosen yah? 

Tapi gapapa deh, barangkali mungkin bisa menginspirasi. Jadi sebut aja dosen baheula gue ini bernama ibu Juminten. Ibu juminten kalo diliat - liat mungkin umurnya sekarang sekitar 60 an. Ibu Juminten ini adalah orang betawi, dari caranya ngomong aja udah kelliatan banget. Bahkan sama mahasiswanya sendiri yang umurnya sekarang beda setengah abad aja masih pake "gue" "lo". Banyak yang bertanya - tanya, mengapa beliau yang sudah udzur masih saja mau mengajar di kampus gue. Ternyata dosen gue tersebut memang masih dibutuhkan oleh kampus. Secara belum ada dosen yang memiliki ilmu yang sebanding dengan beliau. Secara yang dia ajarkan memang ilmu kimia jadul yang dipelajari akademisi tahun 60 an. 

Suatu hari dia pernah murka dikelas gue, alasannya sih udah jelas, soalnya dikelas gue engga ada yang peduli sama yang beliau ajarkan.. Eh, tapi bukannya marah - marah dia malah cerita masa lalunya yang menurut dia kelam. Jadi ceritanya, beliau hidupnya baik - baik saja saat SMA, beliau 5 bersaudara. 

Tapi semuanya berubah saat ayah dari beliau meninggal. Beliau seakan - akan seperti tidak punya uang sedikitpun. Bahkan untuk membayar pendaftaran masuk kampus beliau sampai - sampai harus menjual baju untuk bisa bertahan. berbagai pertanyaan pun muncul dari kepala gue mengenai kehidupan pada tahun 60 seperti apa. Gue jadi mempertanyakan seperti apa sebenarnya kehidupan pada tahun 60 an? 

Akhirnya beliau pun lulus SMA dan kuliah dikampus gue. Namun masalah ternyata belum usai. Ternyata beliau masih harus berusaha bertahan untuk hidup jauh dari rumahnya. Alhasil beliau mengajar les untuk anak - anak SMA agar bisa tetap bertahan. Walaupun sudah mengajar les, beliau masih saja harus bisa menerima nasib kalau dia harus makan nasi dengan telur dan garam. Begitulah seterusnya walaupun beliau sudah mendapat beasiswa dan bekerja salah satu alasannya karen beliau juga harus mampu menghidupi adik - adiknya. 

Akhirnya beliau pun lulus, setelah lulus akhirnya beliau baru bisa hidup dengan lebih layak. terkadang gue melihat ke diri gue sendiri. Rasanya hidup gue sekarang ini sudah terlalu enak, namun sayangnya gue engga pernah bersyukur dengan apa yang sudah gue miliki sekarang. Gue selalu berharap lebih tanpa pernah berbuat lebih. Pada akhirnya semenjak kejadian tersebut gue mencoba buat belajar lagi untuk bersyukur dan selalu berterimakasih tentang segala sesuatu yang gue miliki.



sheyeng

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar: